Minggu, 30 Desember 2007

Jawaban SIM No 1 - eBusiness


Bisnis dengan IT banyak diimplementasikan dalam perusahaan DOTCOM. Di Indonesia jumlah Perusahaan DOTCOM berkembangan sangat cepat. Salah satu contoh Perusahaan yang saya ambil yaitu Perusahaan PT. HM Sampoerna.

Konsep perusahaan DOTCOM merupakan salah satu dari contoh implementasi eBusiness. Maka dari itu saya mengambil contoh Perusahaan PT. HM Sampoerna


ORGANISASI MANAJEMEN BISNIS

Mengapa PT. HM Sampoerna yang memproduksi rokok tetap eksis dan diterima oleh masyarakat dan pemerintah, padahal produk-produk mereka tidak berwawasan lingkungan dan merusak kesehatan?

ANALISIS :

PT. Sampoerna merupakan perusahaan yang diakui oleh public serta pemerintah. Oleh karena itu, perusahaan mereka dalam beroperasi telah memiliki izin yang legal. Biasanya tiap-tiap perusahaan memiliki kode etik serta batasan-batasan dalam beroperasi, khususnya mengenai barang yang akan mereka produksi. Barang-barang tersebut diantaranya adalah rokok, minuman keras, obat-obatan, dll. Kesemua produk di atas merupakan produk yang cukup beresiko terhadap kesehatan apabila dipakai secara berlebihan. Dan juga ada beberapa negara yang melarang pengoperasian beberapa barang karena tidak sesuai dengan norma-norma yang ada. Tetapi semua itu adalah hak tiap perusahaan, mereka diberi kebebasan dalam memproduksi barangnya asalkan sesuai dengan peraturan serta norma di tiap negara. Sama dengan PT. HM Sampoerna. Dalam pengoperasiannya mereka haruslah tetap memiliki aturan. Diantaranya dalam pengolahan bahan agar racun yang ada bisa ditekan seminimalis mungkin. Mereka juga haruslah memiliki berbagai macam kelebihan yang bisa ditawarkan pada konsumennya untuk menutupi kekurangan dari produk mereka yang berbahaya bagi kesehatan. Diantaranya :

  • Tanggungan yang tinggi terhadap pajak cukai rokok.
  • Peringatan pemerintah terhadap bahaya merokok yang selalu ada di tiap bungkusnya.
  • Kegiatan-kegiatan amal yang diselenggarakan oleh pihak yang bersangkutan.
  • Adanya iklan layanan masyarakat mengenai produk yang bersangkutan.


Pada akhirnya, apa yang dilakukan oleh PT. HM Sampoerna merupakan sebuah hal wajib yang harus dilakukan oleh tiap-tiap perusahaan. Di samping mementingkan keuntungannya, tiap-tiap perusahaan harus pula memikirkan dampak produknya terhadap konsumennya. Mereka harus memikirkan solusi yang tepat serta taat hukum untuk mencegah kerugian pada konsumennya. Semua itu merupakan tanggung jawab moral yang wajib harus dipenuhi oleh tiap-tiap perusahaan yang beroperasi, karena apa yang mereka lakukan haruslah bermanfaat bagi orang banyak.

Pada dasarnya, apa yang dibahas pada penjelasan di atas menandakan bahwa sistem informasi pada tiap-tiap perusahaan sangatlah penting. Sistem informasi akan membantu mempermudah pelaksanaan operasional dari masing-masing perusahaan.

Hal tersebut akan mempermudah perusahaan dalam melaksanakan kegiatannya setiap hari karena berdasarkan kepada teori Sistem Informasi Manajemen Bisnis :

Teori Manajemen

Di dalam teori manajemen terdapat beberapa hal yang patut untuk diperhatikan seperti :

1. Pembuatan rencana

Di dalam pembuatan rencana terdapat 2 hal. Hal yang pertama adalah menetapkan strategi dan tujuan.

2. Pengorganisasian

Pengorganisasian bahasan yang ada di atas lebih berupa kepada pemeliharaan sistem teknologi yang ada untuk mencegah kerusakan, penjelasan sistem teknologi tersebut kepada orang-orang yang akan mengoperasikannya,

3. Pengendalian

Proses controlling dari perusahaan terhadap pelaksanaan sistem tersebut adalah berupa menetapkan standarisasi sistem yang ada terhadap masing-masing karyawannya. Pada akhirnya tiap-tiap orang menjadi mengerti peraturan serta batasan yang ada terhadap sistem tersebut. Pelanggaran terhadap standarisasi tersebut pada akhirnya akan diberi sanksi.

Tidak ada komentar: